Tujuan Didirikannya PPPKI adalah? Ini Jawabannya

aknponorogo.ac.id – Tujuan didirikannya PPPKI adalah hal yang penting untuk diketahui dalam pelajaran PPKN. Untuk itu, informasi tentang tujuan didirikannya ada dalam artikel ini!

Salah satu materi dalam pelajaran PPKN yang penting untuk dibahas adalah tentang PPPKI. Lembaga perhimpunan politik di Indonesia ini didirikan dengan tujuan tertentu. tujuan didirikannya pppki adalah sebagai media penghimpun.

Namun lebih jauh dari itu, sebenarnya tujuan didirikannya lembaga ini lebih luas dan krusial untuk bangsa Indonesia. Meski akhirnya terjadi proses pembubaran, namun tujuan awal pembentukannya tetap penting untuk dipelajari.

Tujuan Didirikannya PPPKI

Perlu dipahami bahwa tujuan dari pembentukan PPPKI bukan hanya semata untuk mendirikan lembaga biasa. Justru ada alasan kuat dibaliknya sehingga lembaga ini bisa dibentuk pada zaman tersebut. Berikut beberapa tujuan pembentukannya :

1. Menyamakan Arah Perjuangan

Pertama, tujuan didirikannya PPPKI adalah untuk menyamakan arah perjuangan. Perlu diketahui dulu bahwa sebelum Sumpah Pemuda digagas dan sebelum PPPKI terbentuk, ada banyak organisasi pemuda yang dibentuk.

Semakin lama, jumlah organisasi pemuda serta perhimpunan politik semakin banyak. Tujuannya juga beragam sesuai visi misi masing-masing. Karena jumlahnya yang banyak, Ir. Soekarno kala itu berpikir bahwa akan lebih baik saat semua bersatu.

Jika beragam organisasi pemuda dan perkumpulan politik bersatu, maka arah juang akan semakin jelas dan menjadi sejalan. Jadi inti pembentukan yang pertama adalah dengan tujuan untuk menyamakan arah perjuangan ini.

Saat arah juang sudah sejalan, maka proses meraih kemerdekaan menjadi semakin fokus dan berada di nahkoda yang sama. Meski proses ini tentunya tidak mudah, namun bisa menjadi jalan yang potensial kala itu untuk kemerdekaan.

2. Mengembangkan Persatuan Bangsa

Selain untuk menyamakan arah juang, tujuan didirikannya PPPKI adalah untuk mengembangkan persatuan bangsa. Kemerdekaan tidak akan mudah diraih jika tidak ada persatuan di dalamnya dari segala pihak.

Sedangkan kala itu ada banyak golongan dengan kepentingannya masing-masing. Meski tujuan utamanya sama yaitu untuk kemerdekaan, namun perbedaan golongan ini bisa rentan terhadap perpecahan dan perceraian.

Oleh sebab itu, guna memperkuat persatuan bangsa dari segala sisi dibentuklah PPPKI sebagai wadah yang bisa menjadi jembatan pemersatu. Tujuan dibentuknya PPPKI yang satu ini sangatlah krusial untuk bangsa.

3. Menghindari Perselisihan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jumlah golongan yang banyak akan menyebabkan perpecahan. Meski hanya berbeda visi misi, namun jika dalam prosesnya tidak dibarengi dengan dasar yang sama maka akan muncul perselisihan.

Sebelum perselisihan tersebut muncul dan mengganggu proses meraih kemerdekaan, maka PPPKI ini segera dibentuk. Jadi tujuan didirikannya PPPKI adalah untuk menghindari perselisihan dari kalangan pemuda Indonesia sendiri.

Saat sudah ada naungan dan perhimpunan yang jelas dan mutlak, maka segala perbedaan pendapat bisa dibicarakan secara gamblang. Inilah tujuan dari pembentukan PPPKI secara luas dan kemudian diterima oleh banyak kalangan.

4. Memperkuat Kerja Sama Organisasi

Terakhir, tujuan PPPKI adalah untuk memperkuat kerja sama organisasi. Atas dasar pembentukan dan pembahasan yang jelas, maka masing-masing golongan yang terhimpun juga akan memberikan gagasannya.

Hal ini lambat laun juga bisa memperkuat kerja sama internal organisasi yang terhimpun dalam PPPKI maupun PPPKI secara luas. Apalagi PPPKI juga diisi oleh tokoh-tokoh yang tidak sembarangan sehingga proses kerja sama akan semakin kompleks.

Tujuan yang satu ini tidak bisa disepelekan. Tanpa adanya kerja sama yang maksimal, maka kemerdekaan tidak akan mudah diraih. Oleh sebab itu, pembentukan PPPKI juga memiliki andil besar dalam proses pembentukan pemuda Indonesia yang kuat serta dalam kemerdekaan

Kesimpulan

Setelah mendalami semua bagian di atas, maka bisa diketahui bahwa tujuan didirikannya PPPKI adalah proses penting yang wajib diketahui. Alasan pembentukan lembaga ini sangatlah konkret dengan tujuan yang berkaitan dengan Indonesia.

admin https://aknponorogo.ac.id

Akademi Komunitas Negeri Ponorogo (AKN Ponorogo) adalah lembaga pendidikan tinggi vokasi yang berfokus pada pengembangan keterampilan praktis dan keahlian teknis. Dengan program-program yang dirancang untuk menjawab kebutuhan industri dan dunia kerja, AKN Ponorogo memberikan pendidikan berkualitas yang membekali mahasiswa dengan kompetensi yang relevan di bidangnya.

You May Also Like

More From Author