Contoh Hukum Newton 2 dalam Kehidupan Sehari-hari

aknponorogo.ac.id – Manfaat besar dari mempelajari contoh hukum newton 2 dalam kehidupan sehari-hari ialah siapa saja bisa menjadi semakin memahami apa yang dimaksud dalam teori ini.

Siapa pun dengan minat melakukan studi pada teori-teori ilmuwan termasyhur Isaac Newton, mungkin sangat membutuhkan contoh hukum newton 2 dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum membahas hal dimaksud di paragraf sebelumnya, alangkah baiknya kita mengingat hukum Newton 2 yang mempunya kalimat sebagai berikut: “Percepatan sebuah benda yang dihasilkan oleh gaya berbanding lurus dengan besarnya gaya, searah dengan gaya, dan berbanding terbalik dengan massa benda.”

Apabila sudah membaca sejumlah jenis hal yang dapat dijumpai di sekeliling kita tentang pernyataan tersebut, semoga pemahaman kita meningkat tentang maksud yang ingin disampaikan pria kelahiran tanah Britania ini.

Contoh Hukum Newton 2 dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebenarnya kita bisa melihat berbagai contoh hukum Newton 2 dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar. Hanya saja, kita tidak pernah menyadarinya. Contoh-contoh tersebut antara lain:

  1. Mendorong Troli

Pasti kita tahu kalau akan lebih mudah mendorong troli yang kosong atau dengan barang yang sedikit, dibandingkan dengan yang berisi. Dengan massa yang lebih banyak di troli tersebut, kita membutuhkan akselerasi yang lebih juga.

  1. Menendang Bola

Perhatikan apabila kita menendang sebuah bola. Kita akan menggunakan kekuatan dan mengarahkannya ke suatu tujuan. Apabila kita menggunakan tenaga lebih, maka semakin jauh juga benda berbentuk bulat itu melaju.

  1. Peluncuran Roket

Mungkin ini terkesan tidak termasuk dalam contoh hukum newton 2 dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi ingat, roket di sini bukan berarti selalu yang mempunyai teknologi mutakhir maupun dana yang mahal.

Bertambah banyak individu yang membangun roket dengan bahan-bahan seadanya serta bertenaga pendorong air. Biasanya ini dilakukan saat ada event ilmiah.

Untuk membuat roket melesat menuju udara, dibutuhkan daya dorong. Jika kita menilik pernyataan Newton, maka daya dorong akan sebanding dengan akselerasi yang ditimbulkan

Karena itulah, bertambah tingginya daya dorong yang dipakai, maka kecepatan roket kita juga akan meningkat, begitu pula sebaliknya.

  1. Mendorong Mobil dan Truk

Prinsipnya sama dengan aktivitas mendorong troli. Kita bisa melihat kalau kita akan lebih lambat mendorong truk karena massa truk lebih besar daripada mobil.

  1. Dua Orang yang Melangkah

Jika ada dua orang yang berjalan dengan berat berbeda, secara teori orang yang lebih ringan bobotnya akan lebih cepat. Untuk bisa menyamai atau melebihi kecepatan dari orang yang lebih ringan tersebut, individu yang tubuhnya lebih berat membutuhkan tenaga ekstra.

  1. Mengemudikan Kendaraan

Apabila kita mengendarai motor atau mobil, kita kan menambahkan kecepatan dengan metode sesuai kendaraan tersebut. Semakin kita tancap gas, kecepatan yang kita dapatkan akan semakin besar karena kekuatan yang dihasilkan mesin akan semakin meningkat.

  1. Kecelakaan Lalu-lintas

Saat terjadi kecelakaan apapun kendaraannya, akan ada yang namanya kekuatan benturan. Jika kendaraan itu mempunyai massa yang lebih berat dan kecepatan yang lebih tinggi saat terjadi tubrukan, maka kekuatan benturan itu akan jadi lebih besar pula.

  1. Memukul Bola

Ini tentunya berlaku kepada bola apa pun yang dipukul, seperti bola voli atau tenis. Dengan pengaplikasian tenaga yang lebih besar, maka bola tersebut juga akan mempunyai akselerasi lebih kencang.

  1. Karateka Memukul Beton

Biasanya, karateka menegangkan otot-otot tangannya sebelum melaksanan atraksi ini, lantas dengan akselerasi yang besar, dia memukul beton sampai hancur. Bertambah besarnya akselerasi di tangannya, maka bertambah besar juga daya hancur yang terjadi.

Kesimpulan

Setelah membaca berbagai contoh hukum newton 2 dalam kehidupan sehari-hari di atas, diharapkan Anda bisa mempunyai gambaran jelas mengenai ilmu mendasar ini. Maka dari itu, Anda akan mendapat kemudahan saat mulai mempelajari ilmu fisika tingkat lanjut.

admin https://aknponorogo.ac.id

Akademi Komunitas Negeri Ponorogo (AKN Ponorogo) adalah lembaga pendidikan tinggi vokasi yang berfokus pada pengembangan keterampilan praktis dan keahlian teknis. Dengan program-program yang dirancang untuk menjawab kebutuhan industri dan dunia kerja, AKN Ponorogo memberikan pendidikan berkualitas yang membekali mahasiswa dengan kompetensi yang relevan di bidangnya.

You May Also Like

More From Author